Artikel Bulu Tangkis

Artikel Bulu Tangkis, Sejarah, Peralatan, Teknik, dan Pukulannya

Artikel Bulu Tangkis – Artikel bulu tangkis membantu anda dalam mengenal olahraga bulu tangkis atau badminton secara lebih dekat. Bulu tangkis itu sendiri merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh dua orang dalam versi permainan tunggal atau dua pasangan dalam versi permainan ganda.

Dimana para pemainnya saling berlawanan. Sekilas, jenis olahraga yang satu ini mirip dengan olahraga tenis. Dalam olahraga bulu tangkis ini terdapat lima partai yang biasa dimainkan. Sebut saja bulu tangkis ganda putra, ganda putri, tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran.

Artikel Bulu Tangkis

Artikel Bulu Tangkis

Olahraga bulu tangkis dimainkan dengan cara memukul bola permainan yang dinamakan kok atau shuttlecock dengan menggunakan raket.

Pukulan harusnya bisa melewati jaring atau net supaya jatuh di bidang permainan lawan. Pemain pun harus berusaha cegah lawan untuk melakukan hal yang sama.

Perlu untuk anda ketahui, perubahan bulu tangkis di Indonesia tak bisa dipisahkan dengan perubahan bangsa. Perubahan bulu tangkis ini berawal dari sebelum revolusi fisik, pergerakan kemerdekaan, sampai dengan kini pada periode pembangunan orde baru.

Seperti yang kita semua ketahui, bulu tangkis juga dikenal dengan nama badminton. Penamaan badminton itu sendiri diambil dari nama sebuah gedung, yakni Badminton House yang ada di Glodiucester Inggris.

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan ulasan lengkap mengenai artikel bulu tangkis. Hal ini tak terkecuali dengan sejarah, peralatan, teknik permainan, dan masih banyak lainnya.

Sejarah Bulu Tangkis

Artikel Bulu Tangkis,

Olahraga bulu tangkis diperkirakan berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun yang lalu. Meski begitu, ada juga yang berpendapat bahwa olahraga ini berkembang di India dan Cina.

Pendahulu bulu tangkis ini pun diperkirakan berawal dari permainan Tionghoa, yakni Jianzi. Permainan ini melibatkan kok namun tanpa raket. Raket digantikan dengan kaki dan dimainkan agar kok tak menyentuh tanah tanpa menggunakan tangan.

Di zaman pertengahan, di Inggris mengenalkan permainan Battledores dan Shuttlecocks. Permainan ini menggunakan dayung atau tongkat (Battledores) dan berupaya menjaga kok agar tetap di udara.

Kemudian penduduk Inggris mengenalkan permainan ini ke Cina, Jepang, dan Siam (sekarang dinamakan Thailand) saat melakukan kolonisasi Asia.

Olahraga bulu tangkis yang dimainkan secara kompetitif pertama kali diciptakan pada abad ke-19 oleh petugas Tentara Britania yang berada di Pune, India.

Kala itu, mereka menambahkan net. Pada masa itu, permainan bulu tangkis dinamakan Poona karena Kota Pune sebelumnya memang dikenal dengan nama Poona. Di tahun 1850-an, mereka membawa permainan tersebut kembali ke Inggris.

Pada tahun 1860, olahraga ini dinamakan dengan badminton. Perlu diketahui, organisasi bulu tangkis dunia dinamakan dengan Badminton World Federation (BWF), sementara organisasi bulu tangkis di Indonesia bernama Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Dimana jumlah perkumpulan yang telah menjadi anggota PBSI diperkirakan mencapai 2.000 perkumpulan.

Peralatan Bulu Tangkis

Artikel Bulu Tangkis,

Supaya olahraga bulu tangkis bisa dimainkan sesuai dengan aturan yang tepat, ada beberapa peralatan yang perlu anda siapkan. Sebut saja raket, kok, net, dan lapangan. Raket adalah alat pemukul yang memiliki berat kurang dari 150 gram.

Raket ini bisa dibuat dari material kayu, aluminium, fiberglass, ataupun arang. Untuk kok atau yang juga dikenal dengan shuttlecock terdiri dari kepala dan bulu kepala.

Bahan yang digunakan untuk membuat kok ialah gabus dengan bentuk setengah bulatan dan dilapisi kulit.

Pada bagian gabus kok ditancapkan bulu unggas sebanyak 14 sampai 16 helai. Garis tengah gabus berukuran 25–28 mm, sementara garis tengah di ujung atas berukuran 54–56 mm.

Bulu unggas tersebut diikat dengan benang. Adapun ketinggian bulu dari permukaan gabus sampai dengan permukaan atas ialah 64–74 mm. Pada umumnya, kok memiliki berat 4,73–5,50 gram.

Untuk net itu sendiri ialah berupa jaring dipasang di bagian tengah lapangan. Pemasangan net ini memiliki ketinggian 1,524 meter. Net dibuat dengan tali halus yang warnanya hijau tua.

Sementara tiang net terbuat dari bahan yang kuat. Tiang net berbentuk bulat dengan jari tengah 3,8 cm. Tiang net bulu tangkis ini dipasang di luar garis samping.

Lain halnya untuk lapangan. Lapangan bulu tangkis dibuat dengan ukuran panjang 13,40 meter untuk partai tunggal dan ganda.

Sementara untuk lebarnya, 6,10 meter digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis partai ganda dan 5,18 meter digunakan dalam bulu tangkis partai tunggal. Garis lapangan bulu tangkis memiliki warna yang jelas sehingga mudah dilihat.

Teknik Permainan Bulu Tangkis

Artikel bulu tangkis selanjutnya ialah perihal teknik dasarnya. Dalam teknik dasar olahraga bulu tangkis ini, anda akan dihadapkan dengan teknik memegang raket (grip).

Ada tiga cara yang perlu anda ketahui dalam memegang raket, yakni forehand grip, backhand grip, dan american grip. Forehand grip bisa dilakukan dengan mendirikan raket yang sisinya tegak dengan lantai. Sekilas, pegangan ini mirip dengan tangan yang sedang bersalaman.

Sementara backhand grip adalah pegangan yang bisa dilakukan dengan memutar seperempat ke kanan dari teknik forehand grip. Lain halnya dengan american grip.

Dalam teknik dasar ini, tangan memegang raket pada bagian ujung tangkai atau handle. Sekilas, pegangan ini mirip seperti sedang memegang pukul kasur. Ibu jari dan jari telunjuk anda akan menempel pada tangkai.

Jenis Pukulan Bulu Tangkis

Dalam olahraga bulu tangkis, anda akan mengenal berbagai jenis pukulan. Adapun salah satu jenis pukulan tersebut ialah servis. Pukulan servis adalah jenis pukulan kok pertama di awal permainan. Servis dianggap sebagai pukulan untuk mendapatkan nilai.

Maka dari itu, apabila akan melakukan servis, pastikan anda memahami tipe permainan lawan.

Jika lawan memiliki tipe permainan keras, ada baiknya anda tak melakukan servis tinggi. Pemain bulu tangkis yang baik harus bisa menguasai beragam jenis pukulan servis.

Ada juga pukulan drive, dimana adalah jenis pukulan dengan cara menerbangkan kok secara mendatar.

Jika dilihat berdasarkan kegunaan dan arahnya, pukulan ini terdiri dari pukulan drive panjang, pukulan drive setengah lapangan, dan pukulan drive pendek. Selanjutnya, pukulan smash. Smash adalah jenis pukulan keras dan kok dijatuhkan di bidang permainan lawan.

Adapun cara melakukan smash ialah dengan sikap awalan berdiri berposisi kangkang selebar bahu. Kemudian tangan kanan memegang raket yang diposisikan di atas kepala bagian belakang.

Kok yang melambung dari lawan langsung dipukul secepatnya dengan cara mengayunkan raket ke depan bagian bawah bidang permainan lawan. Dengan cara ini, lawan akan kesulitan dalam mengembalikan pukulan. Anda pun akan mendapatkan nilai.

Tak hanya itu saja, dalam artikel bulu tangkis ini, anda juga akan mengenal pukulan dropshot dan lob. Pukulan dropshot ialah jenis pukulan kok yang diarahkan ke bidang permainan lawan yang berdekatan dengan net.

Pukulan dropshot bisa dilakukan dari atas kepala maupun dari bawah. Sementara lob adalah jenis pukulan menerbangkan kok setinggi mungkin dan diarahkan jauh ke belakang garis lapangan.

Saat anda melakukan pukulan lob, anda bisa menggunakan cara overhead lob ataupun underhand lob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *