cara membuat saringan air

3 Cara Membuat Saringan Air Agar Jernih Mudah Dipraktekkan

Cara Membuat Saringan Air – Kebutuhan akan air bersih tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Selain untuk konsumsi, air bersih juga bermanfaat untuk memenuhi beragam kebutuhan lainnya.

Sebut saja kebutuhan mencuci, mandi, dan masih banyak lainnya. Permasalahnnya, air bersih tidak selalu tersedia. Air yang terlihat bersih seringkali bisa tercampur atau terkontaminasi.

Dengan begitu, air menjadi keruh, kotor, dan tidak layak pakai. Saat hal ini menimpa anda, pastikan anda menjernihkan air. Adapun salah satu caranya ialah dengan membuat dan menggunakan saringan air.

Cara membuat saringan air itu sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah dan alat yang sederhana.

Cara Membuat Saringan Air

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat saringan air. Berikut ulasannya.

Saringan Air Dengan Botol

cara membuat saringan air

Salah satu saringan air yang bisa anda buat ialah saringan air dengan botol. Botol penyaringan ini bisa digunakan untuk menyaring air kotor sampai memperoleh hasil air yang lebih bersih. Anda bisa siapkan beberapa peralatan dan bahan.

Adapun alat dan bahannya meliputi 1 botol plastik bekas air mineral, kerikil, kain biasa, kain kasa, pasir, arang, 1 buah wadah. Alangkah baiknya anda menggunakan arang aktif dari tempurung kelapa.

Untuk cara membuatnya, anda bisa mulai dengan menyiapkan botol terlebih dahulu. Setelah itu, potong botol plastik bekas air mineral hingga menjadi 2 bagian.

Pemotongan botol dengan perbandingan 1/3 bagian bawah botol serta 2/3 bagian atas botol. Lalu ambil bagian atas botol. Anda lubangi saja tutup botol sekitar 1,2 cm.

Dimulai dengan memotong bagian bawah botol serta melubangi tutup botol untuk digunakan sebagai jalan aliran air. Posisikan botol yang ada tutupnya di posisi bawah. Lalu masukan satu per satu bahan-bahannya.

Langkah selanjutnya ialah memasukkan potongan-potongan kain kasa ke dalam botol sampai menempel pada dasar botol, yakni pada bagian tutup botol yang telah dilubangi.

Pada bagian atasnya, lapisi menggunakan arang secukupnya. Lalu di atas arang lapisi lagi menggunakan pasir secukupnya yang akan berperan sebagai penyaring kotoran-kotoran yang ada dalam air.

Setelah itu, anda masukan lagi kerikil di atas pasir. Kerikil digunakan sebagai penyaring air pertama kali.

Langkah di atas tak paten dan dapat disesuaikan dengan botol yang anda pakai. Langkah terakhir, tutuplah bagian atas botol menggunakan kain bekas.

Saringan air sederhana ini sudah dapat anda gunakan untuk menyaring air kotor. Siapkan wadah khusus sebagai tempat hasil penyaringan air.

Metode ini hanya menjadikan air bisa lebih bersih dari sebelumnya, akan tetapi tidak menjamin kualitas dari air yang sudah disaring tersebut. Apabila anda ingin mengetahui kualitas air yang tepat, anda bisa gunakan alat uji kualitas air.

Saringan Air Dengan Bak

Apabila volume air yang akan disaring sangat banyak, maka metode botol penyaringan tentunya kurang efektif dan efisien. Maka dari itu, anda bisa membuat saringan air dengan menggunakan bak penyaringan.

Pembuatannya pun cukup mudah. Hampir sama dengan metode saringan menggunakan botol. Adapun alat dan bahan yang perlu anda siapkan meliputi batu kali, arang aktif dari tempurung kelapa, batu, kerikil, pasir halus, ijuk, tempat penyaringan (drum atau tong besar).

Jika air yang anda miliki adalah air yang sangat kotor, maka cara membuat saringan air ini ialah dengan batu zeolit sebagai penyaring air yang sangat kotor.

Setelah proses penyaringan air kotor berlangsung, air tak langsung jernih. Air penyaringan mulanya tak terlalu jernih, akan tetapi bisa berangsur-angsur jernih usai penyaringan.

Maka dari itu, anda perlu bersabar untuk menunggunya. Saat air sudah benar-benar bersih, anda bisa langsung memanfaatkannya untuk segala keperluan.

Saringan Air Dengan Botol dan Bak

Cara membuat saringan air lainnya ialah dengan memanfaatkan botol dan bak penyaringan. Mulai dengan menyiapkan bak penampungan berukuran sedang.

Lalu anda lubangi bagian sampingnya dan pasang selang atau paralon dengan ujung dibungkus ijuk serta diikat dengan tali. Setelah itu, siapkan botol penyaringan seperti yang sudah dibuat sebelumnya.

Posisikan bak penampungan di bagian atas, sementara botol penyaringan di bagian bawah. Buka sumbatan di bak penampungan untuk mengalirkan air ke botol penyaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *