cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi

13 Cara Mengatasi Uban Agar Tidak Tumbuh Lagi Terbukti Paling Ampuh

Cara Mengatasi Uban Agar Tidak Tumbuh Lagi – Uban seringkali dialami oleh pria dan wanita yang menginjak usia 40 tahun. Meski begitu, rambut beruban ini juga bisa dialami pada usia dini.

Uban itu sendiri adalah rambut putih yang diakibatkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi melanin atau pigmen warna rambut. Munculnya uban seringkali membuat penampilan kurang menarik.

Tak hanya itu, uban yang masih kecil bisa menimbulkan rasa gatal sehingga tidak nyaman. Apabila anda mengalami hal ini, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkannya.

Bahan-bahan alami di bawah ini dikenal sebagai cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi paling ampuh.

Cara Mengatasi Uban Agar Tidak Tumbuh Lagi

cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi

Untuk anda yang terganggu dengan adanya uban di rambut, pastikan anda mengikuti beberapa cara mengatasi uban dan mencegahnya tumbuh lagi dengan bahan-bahan alami berikut ini.

1. Bunga Sepatu

Uban bisa dihilangkan dengan bunga sepatu. Caranya, anda siapkan beberapa helai bunga sepatu. Setelah itu, haluskan. Campurkan bunga sepatu yang telah dihaluskan dengan 200 ml minyak kelapa yang sebelumnya sudah dipanaskan, lalu tunggu sampai dingin.

Langkah selanjutnya, simpan campuran bahan-bahan alami ini dalam botol untuk dioleskan pada rambut. Alangkah baiknya anda melakukan perawatan ini menjelang tidur. Keesokan harinya, anda bisa membilas rambut hingga bersih.

2. Daun Sepatu

Tak hanya bunga sepatu, uban juga bisa dihilangkan dengan daun sepatu. Dalam tanaman sepatu terdapat kandungan flavonoid yang efektif dalam mengatasi uban.

Selain itu, daun sepatu ini juga mengandung polifenol dan saponin. Cara mengatasi ubannya bisa anda mulai dengan mencuci daun sepatu yang telah anda siapkan.

Kemudian haluskan. Tambahkan air sedikit serta simpan dalam botol. Lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis supaya lebih efektif.

Langkah selanjutnya, oleskan campuran bahan-bahan tersebut pada rambut anda. Diamkan 30 menit dan bilas sampai bersih.

3. Lemon dan Minyak Kelapa

Kombinasi antara lemon dan minyak kelapa sangat ampuh dalam mengatasi uban. Caranya, anda siapkan 1 buah lemon segar dan ambil airnya.

Siapkan juga minyak kelapa sebanyak 5 sendok makan. Campur kedua bahan alami tersebut dalam satu wadah. Setelah itu, campuran bisa dioleskan ke rambut yang sebelumnya sudah dikeramas.

Oleskan sembari melakukan pijatan lembut. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengering. Bilas dengan air bersih.

4. Teh

Ampas teh terbukti sangat berkhasiat dalam menghilangkan rambut uban. Awali cara menghilangkan uban dengan ampas teh dengan mendiamkannya selama sehari.

Kemudian di hari berikutnya, anda gunakan ampas teh itu untuk dioleskan secara merata di seluruh bagian rambut yang ada ubannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menambahkan garam.

Setelah dioleskan secara merata, diamkan selama satu jam. Setelah itu, bersihkan dengan keramas memakai shampo. Pastikan anda melakukan cara ini secara rutin sampai rambut uban anda menghilang.

5. Minyak Zaitun

Tak hanya untuk kecantikan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan uban rambut. Adapun cara menghilangkan uban dengan minyak zaitun ialah mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada rambut.

Diamkan beberapa saat. Apabila sudah mengering, anda bisa membilas rambut sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sampai anda mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Biji Pepaya

Cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi lainnya ialah dengan menggunakan biji pepaya. Penelitian membuktikan bahwa biji pepaya mempunyai pigmen yang mirip dengan melanin.

Dengan begitu, biji pepaya dipercaya bisa membuat rambut menjadi berwarna hitam. Adapun caranya ialah dengan menyiapkan biji pepaya segar terlebih dahulu.

Kemudian sangrai biji pepaya hingga kering dan tumbuk sampai halus. Campur biji pepaya halus tersebut dengan minyak kelapa secukupnya.

Setelah itu, anda oleskan ke rambut secara merata sembari dipijat. Tutup kepala dengan shower cap atau handuk basah hangat sekitar 30 menit. Terakhir, bilas sampai bersih.

7. Putih Telur Ayam Kampung

Cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi dengan putih telur ayam kampung terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu membuat masker rambut dari 3 butir ayam kampung, setengah gelas air hangat, dan setengah sendok teh garam.

Setelah itu, campurkan bahan-bahan alami tersebut secara merata dan dioleskan ke rambut serta kulit kepala. Oleskan sembari diberi pijatan di sekeliling kepala sekitar 2 jam. Bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan secara rutin sampai uban benar-benar hilang.

8. Santan

Santan dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan uban serta mencegahnya supaya tidak tumbuh lagi. Caranya, anda siapkan santan secukupnya.

Lalu tambahkan garam secukupnya. Embunkan serta diamkan di dalam rumah selama satu malam. Keesokan harinya, anda bisa memakainya untuk diaplikasikan ke rambut. Diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih.

9. Daun Rambutan

Daun rambutan mengandung senyawa tanin, saponin, dan polifenol yang berkhasiat dalam meningkatkan pigmen rambut sehingga bisa hitam legam. Caranya, tumbuk daun rambutan yang telah dicuci hingga lembut.

Tambahkan sedikit air dan peras. Perasan ini bisa anda oleskan ke seluruh kulit kepala sembari dipijat lembut sekitar 5 menit. Diamkan sekitar 25 menit atau hingga mengering. Langkah terakhir, bilas rambut dengan air bersih.

10. Yogurt

Cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi ialah dengan yogurt. Yogurt merupakan minuman hasil fermentasi yang di dalamnya terdapat zat yang berkhasiat untuk menghitamkan rambut.

Adapun cara memanfaatkannya ialah dengan membuat masker dari yogurt tanpa rasa. Kemudian tambahkan lada hitam dan kopi bubuk. Campur semua bahan dengan baik.

Oleskan campuran alami tersebut secara merata ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 1 jam. Setelah itu, anda bisa membilasnya hingga bersih.

11. Buah Kemlaka

Buah kemlaka sering dimanfaatkan oleh masyarakat India untuk membuat rambut menjadi hitam legam. Jenis buah yang satu ini mengandung tanin dan vitamin C yang sangat baik untuk rambut.

Caranya, siapkan 4 sampai 5 buah kemlaka yang masih segar. Lalu rebus dan dicampur dengan minyak kelapa. Apabila sudah kental, anda bisa langsung mendinginkannya.

Gunakan bahan alami ini sebagai masker rambut. Diamkan sekitar 1 jam. Terakhir, bilas rambut menggunakan air hangat.

12. Minyak Kemiri

Selain sebagai penyedap rasa, kemiri juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan uban. Caranya, ambil kemiri secukupnya dan tumbuk sampai halus. Saat ditumbuk, kemiri akan mengeluarkan minyak.

Oleskan minyak kemiri ini ke seluruh bagian rambut serta kulit kepala secara merata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa lakukan perawatan ini secara rutin.

13. Kopi

Cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi lainnya ialah dengan menggunakan kopi. Caranya, masukkan saja kopi ke panci. Tambahkan air dan rebus sampai benar-benar mendidih.

Apabila sudah mendidih, angkat serta biarkan mendingin. Keramaslah dengan shampo. Tuangkan kopi tersebut ke atas kepala anda sembari melakukan pijatan secara lembut dari akar hingga ujung rambut.

Pakai shower cap dan diamkan selama 20 menit. Bilas menggunakan air dingin sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu dua kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *