doa pulang haji

Kumpulan Doa Pulang Haji Lengkap Mustajab | Perlu di Hafal

Doa Pulang Haji – Labbaik Allaahumma Labaik. Labbaik Laa Syariikalak labaik. Innalhamda wanni’mata laka wal mulk la syariika labbaik. Ya Allah kami penuhi panggilanMu ya Allah. Beberapa kata talbiyah sebagai keunikan lafad dalam penerapan beribadah haji.

Demikian indah serta syahdu saat disampaikan serta terdengar di angkasa raya. Di tengah juta-an jamaah haji yang melakukan rukun Islam yang ke lima dengan khidmat serta benar-benar.

Seiring waktu berjalan, penerapan beribadah haji tuntas dikerjakan. Setelah itu melakukan perjalanan pulang ke tanah air.

Sebagai bahan pertanyaan sekarang ini ialah adakah doa pulang haji seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW?

Berdasar pada info dari al hadist terdapat beberapa contoh doa spesial sepulang beribadah haji. Akan tetapi doa pulang haji juga bisa disamakan seperti doa sesudah pulang safar.

Adab Pulang Haji

doa pulang haji

Di bawah ini beberapa adab sepulang haji, diantaranya :

1. Pulang haji tidak terburu-buru

Sesudah tuntas melakukan beribadah haji jadi anda dapat berkemas-kemas terlebih dulu. Jangan pernah ada barang yang ketinggalan. Pulang haji dikerjakan dengan cermat serta setelah teratasi semua masalah disana.

Seperti Rasulullah SAW bersabda: “Safar adalah sisi yang melelahkan, menghambat seorang untuk minum, makan, tidur dengan nyaman. Karenanya, bila kalian telah mengakhiri semua masalah jadi cepatlah untuk pulang mendatangi keluarga di dalam rumah.” (HR Bukhari Muslim yang bersumber dari Abu Hurairah ra).

2. Memberitahu pulangnya dari tanah suci pada keluarga awal mulanya

Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Anas RA sebenarnya Nabi Saw tidak berkunjung ke keluarganya pada saat malam hari saat pulang safar. Tetapi Rasulullah SAW berkunjung ke keluarganya saat siang atau sore hari (HR Bukhari Muslim).

Nabi Muhammad SAW sudah melarang orang yang telah lama membuat safar untuk berkunjung ke keluarga atau istrinya waktu malam hari. (HR Muslim dari Jabir bin Abdillah ra).

Dengan memberitahu pulangnya dari tanah suci Mekah awal mulanya jadi sang istri bisa lakukan beberapa persiapan dalam menyongsong pulangnya sang suami.

Di mana dia bisa lakukan bersih-bersih rumah, berdandan dan lain-lain. Sampai pertemuan kembali dengan bagian keluarga di dalam rumah tidak menyedihkan.

3. Melakukan shalat sunat dua rakaat

Mengenai adab pulang haji yang lain seperti yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW ialah berkunjung ke masjid sangat dekat untuk melakukan shalat sunat dua rakaat setiba di tanah air atau kota rumah. Mengenai kemauan solat ialah sholat kehadiran dari safar yang diketahui dengan arti shalat sunat qudum.

Yang tata langkah shalat qudum atau shalat sunat pulang haji sekitar dua rakaat sama dengan melakukan sholat sunat dua rakaat yang lain.

Perihal ini berdasar pada hadits sebenarnya Rasulullah SAW telah terlatih tiap-tiap pulang safar berkunjung ke masjid paling dekat. Lalu melakukan shalat sunat dua rakaat.

4. Menyongsong

Buat penduduk seputar atau sanak kerabat sebaiknya menyongsong orang yang pulang dari haji. Sekaligus juga mendoakannya agar hajinya bisa mabrur serta dapat memberi faedah kebaikan buat penduduk dengan luas.

5. Share

Telah jadi rutinitas di penduduk Indonesia setelah pulang haji lakukan bagi-bagi oleh-oleh pada tetangga, sanak kerabat serta penduduk di sekelilingnya. Hal tersebut telah jadi kebiasaan serta begitu bagus untuk sama-sama share kebaikan.

Seperti Rasulullah SAW :”Saling berbagilah kalian. Sebab dengan sikap sama-sama share akan memunculkan perasaan kasih sayang di antara kalian”.

6. Berdoa

Mengatakan doa sepulang dari haji saat lihat kampung halaman serta menjumpai sanak kerabat serta bagian keluarga di dalam rumah. Pada beberapa tamu juga tetap berdoa agar mereka bisa dikasihkan potensi fisik serta materi untuk melakukan beribadah haji.

Baca Juga: macam macam sholat sunnah

Doa Pulang Haji Mustajab

Terdapat beberapa type doa orang pulang haji diantaranya doa saat lihat tanah air, doa bersilahturahmi orang pulang haji, doa pulang haji sebelum masuk rumah, serta doa yang dibaca sesudah pulang dari haji untuk beberapa tamu yang bertandang ke rumah kita.

Mengenai untuk teks doa pulang haji saat lihat kampung halaman ialah : “Aayibuunat taaibuun ‘aabiduuna lirobbinaa haamiduun.

Berarti : Beberapa orang yang kembali, lakukan taubat, cuma pada Allah kami memberikan pujian pada. Doa ini disampaikan dengan berkali-kali kali saat sahabat sudah ada di pesawat serta melihat kota sahabat.

Dengan begitu begitu jelas jika doa pulang haji ada perumpamaannya dalam hadits. Serta ini begitu disarankan untuk dikerjakan dalam rencana sampai haji yang mabrur serta di terima oleh Allah SWT dengan baik yang memiliki hak memperoleh balasan surga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *