nama bola bulu tangkis

Nama Bola Bulu Tangkis Lengkap Dengan Karakteristiknya

Nama Bola Bulu Tangkis – Tiap jenis olahraga memiliki komponen yang berbeda-beda. Hal ini juga tak terkecuali dengan olahraga bulu tangkis. Dalam olahraga bulu tangkis, kita mengenal raket, bola, net, dan lapangan.

Untuk karakteristik bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis itu sendiri berbeda dengan bola dari berbagai jenis olahraga lainnya.

Sebut saja sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, voli, dan masih banyak lainnya. Sebutan atau nama bola bulu tangkis pun juga berbeda dengan jenis olahraga bola lainnya.

Nama Bola Bulu Tangkis

nama bola bulu tangkis

Bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis atau badminton mempunyai bentuk yang tak bundar. Hal inilah yang membuatnya berbeda dengan jenis bola lainnya.

Bentuk dari bola bulu tangkis ini lebih mirip dengan bentuk kerucut. Maka dari itu, nama bola bulu tangkis tak lagi disebut dengan bola, melainkan shuttlecock. Dimana orang Indonesia lebih sering menyebutnya dengan kok.

Mulanya, kok tak hanya menggunakan gabus dalam pembuatannya, melainkan juga bulu ayam. Hal ini membuat nama bola dalam olahraga bulu tangkis ini dinamakan dengan cock.

Dimana dalam bahasa Inggris berarti ayam jantan. Hanya saja, karena dalam bahasa Inggris kata cock juga memiliki konotasi negatif, maka penamaan bola bulu tangkis ini menjadi shuttlecock.

Kata shuttle berasal dari gerak bolak-balik yang dilakukan pemain saat olahraga bulu tangkis.

Seiring pergantian zaman, kok tak dibuat dengan menggunakan bulu ayam, akan tetapi bulu angsa. Bulu yang digunakan adalah bulu dari sayap sisi kirinya saja.

Hal ini bertujuan agar kok bisa berputar-putar secara berkelanjutan. Pembuatan kok ini pun dibuat secara aerodinamis dan konstan seperti halnya pesawat ulang-alik mengenakan alat tenun.

Karakteristik Kok Bulu Tangkis

nama bola bulu tangkis8

Kok tidak boleh dibuat secara sembarangan. Hal ini dikarenakan ada standar tertentu yang harus ditaati. Standar tersebut sudah ditetapkan oleh Badminton World Federation (BWF).

Adapun standar dalam pembuatan kok bulu tangkis ialah kok harus memiliki 16 bulu. Dari semua bulu kok tersebut mesti memiliki panjang yang sama, yakni 62 mm-70 mm.

Ujung bulu nantinya harus ditancapkan secara tersusun dan bisa membentuk lingkaran yang mempunyai diameter berukuran 58 mm-68 mm.

Selain itu, bulu yang digunakan untuk membuat kok harus tergabung menjadi satu kesatuan sehingga kuat. Pangkal dari kok bulu tangkis dibuat dengan gabus dan bentuk menjadi setengah bola. Adapun ukuran diameternya ialah 25 mm-28 mm.

Saat kok sudah jadi, kok memiliki berat standar berkisar 4,47 gram sampai 5,50 gram. Dengan membuat kok sesuai aturan standarnya, kok bisa dimanfaatkan untuk olahraga bulu tangkis secara maksimal.

Kok Plastik

Seperti yang telah diulas di atas, kok dibuat dari bulu angsa. Hanya saja, saat ini sudah ada kok yang dibuat dari plastik. Hal ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi di masa kini.

Kok yang dibuat dari plastik pun mempunyai tingkat kecepatan yang berbeda. Selain itu, kok plastik memiliki daya tahan yang lebih lama dan harga lebih murah daripada kok yang dibuat dari bulu angsa.

Namun, perlu untuk anda ketahui bahwa pertandingan bulu tangkis resmi yang ada di bawah BWF, kok yang dipakai ialah kok yang dibuat dari bulu angsa asli.

Perlu disadari, dengan anda mengetahui nama bola bulu tangkis, karakteristik, dan variannya, anda bisa lebih mengenal salah satu komponen olahraga bulu tangkis ini.

Anda pun bisa membedakan mana bola yang digunakan untuk bulu tangkis dan mana bola yang dipakai untuk jenis olahraga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *