umumnya berat dan ukuran bola basket yang standart yakni sudah di tetapkan oleh beberapa organisasi seperti FIBA, NBA dan NCAA.

Inilah Standart Berat, Tekanan, dan Ukuran Bola Basket

Ukuran Bola Basket – Mungkin secara umum anda ketika membeli atau menggunakan bola basket ini banyak yang tidak terpikirkan berapa berat standartnya. Padahal, ini merupakan salah satu hal penting yang perlu diketahui.

Alasannya karena semua hal yang berhubungan dengan permainan bola basket pastinya wajib mengetahui beberapa diantaranya yakni peraturan permainan, ukuran lapangan, dan berapa ukuran bola basket itu sendiri.

Nah, dalam hal ini akan dibahas terkait dengan teknik dasar bola basket, terlebih yang mengulas tentang ketentuan ukuran dan berat bola basket secara mendalam. Apabila kita berbicara tentang ukuran, maka bukan hanya berkaitan dengan berat bola basket, selebihnya.

Akan tetapi, terkait dengan ukuran keliling dan tekanan udara bola basket juga sangat penting untuk ditentukan sesuai ukuran standarnya. Hal ini biasanya sangat diperhatikan, apalagi ketika anda mengikuti pertandingan pada tingkat nasional maupun internasional.

Standart ukuran bola basket

Ukuran Bola Basket

Beberapa ukuran standart yang digunakan dalam permainan bola basket, yakni sebagai berikut :

1. Bola basket menggunakan bahan karet dengan lapisan yang sejenis kulit.
2. Berat bola basket yakni kisaran 600 – 650 gram.
3. Keliling bola basket yakni kisaran antara 75 – 78 cm, dan
4. Tekanan udara bola basket adalah 4,26-4,61 psi, harus mampu melambungkan bola dengan ketinggian antara 120 – 140 cm

Perlu diketahui bahwa, sebenarnya tidak ada perbedaan ukuran dan berat bola basket standar antara yang nasional maupun internasional. Akan tetapi, umumnya berat dan ukuran bola basket yang standart yakni sudah di tetapkan oleh beberapa organisasi seperti FIBA, NBA dan NCAA.

Perbedaan Ukuran Basket

Inilah Standart Ukuran, Tekanan Dan Berat Bola Basket.

Walaupun sudah ditetapkan secara internasional. Akan tetapi terdapat beberapa perbedaan tentang ukuran bola basket standar yang ditetapkan oleh ketika organisasi di atas, diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Ukuran bola basket yang digunakan untuk nasional maupun internasional yakni dengan kisaran keliling 75 – 78 cm. Sedangkan berat bola basket yakni kisaran 600 gr sampai 650 gr.

2. Ukuran Bola Basket Standar FIBA yakni didasarkan pada beberapa ketetapannya yakni : ukuran bola basket mempunyai keliling 749 mm – 780 mm serta berat bola basket yakni antara 567 gr – 650 gr.

3. Ukuran Bola Basket Standar NBA yakni dengan yang di setujui antara 749,3 mm – 755,65 mm sedangkan berat bola basket antara 623,7 gram/

4. Ukuran Bola Basket Standar NCAA yakni dengan menggunakan standar ukuran bola untuk keliling bola antara 749,3 mm – 762 mm sedangkan berat bola basket 567 – 623,7 gram.

Bentuk Ukuran Dalam Pertandingan Resmi

Apabila anda sedang mengikuti pertandingan resmi, maka untuk jenis bola basket menggunakan ukuran standarnya sendiri. Berat bola basket di sini sebenarnya bukan menjadi ukuran pusatnya, namun yang lebih digunakan yakni tiga ukuran yakni 5, 6 dan 7.

Penggunaan ukuran 7 biasanya lebih dipakai untuk pertandingan secara professional. Sedangkan ukuran 6 yakni untuk pertandingan resmi pada tingkat SMP. Sementara untuk ukuran 5 lebih digunakan untuk pertandingan resmi untuk anak SD.

Adanya standart di atas tidak lain yakni dapat digunakan sebagai standar yang sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Selain bisa mempermudah dan memperlancar jalannya acara, hal ini tentunya bisa digunakan sebagai acuan bermain yang menyenangkan.

Walaupun banyak diabaikan terkait ukuran bola basket. Akan tetapi ketika seseorang sudah berbekal tentang hal ini maka akan semakin mempermudah dalam menguasai permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *