ukuran lapangan tenis meja

Ukuran Lapangan Tenis Meja Lengkap Dengan Komponennya

Ukuran Lapangan Tenis Meja – Tenis meja atau yang juga dikenal dengan sebutan ping pong adalah olahraga permainan yang menggunakan meja sebagai lapangan.

Selain bet, meja juga berperan sebagai perlengkapan utamanya. Ukuran lapangan tenis meja ini mempunyai ketetapan tersendiri yang sudah ditentukan olah induk organisasi tenis meja dunia yang lalu diikuti di seluruh dunia.

Olahraga tenis meja ini dimainkan oleh dua pemain yang saling berhadapan (pada kategori tunggal), serta empat orang untuk kategori ganda atau berpasangan.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

ukuran lapangan tenis meja

Olahraga tenis meja di Indonesia mulai dikenal secara umum sejak tahun 1930. Pada waktu itu, olahraga tenis meja ini hanya dilakukan di balai-balai pertemuan orang Belanda dan digunakan sebagai suatu hiburan rekreasi.

Pribumi yang boleh mengikuti permainan tenis meja tersebut hanya golongan-golongan tertentu, seperti halnya anggota keluarga pamong dari balai pertemuan tersebut.

Induk organisasi tenis meja Indonesia ialah PTMSI. PTMSI ini memiliki kepanjangan Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia. Sedangkan untuk induk organisasi tenis meja dunia ialah ITTF (Internasional Table Tennis Federation).

Organisasi inilah yang menjadi rujukan penetapan ukuran lapangan tenis meja. Adapun rincian ukuran lapangan olahraga tenis meja (ukuran meja) ialah sebagai berikut.

  • Lebar : 152,5 cm
  • Panjang : 274 cm
  • Luas : 4,1785 m²
  • Tebal meja : 3 cm
  • Tinggi meja dari lapangan : 76 cm
  • Panjang net : 783 cm

Perlu diketahui bahwa semua bahan penyusun meja ialah kayu atau bahan yang sejenis. Hal ini memungkinkan meja memiliki daya pantul yang sesuai standar.

Adapun daya pantul meja yang tepat memungkinkan bola bisa memantul setinggi 23 cm saat dijatuhkan dari ketinggian 30 cm.

Sementara untuk tampilannya, meja ping pong dihadirkan dengan warna gelap dan pudar. Adapun warna meja yang populer ialah warna hijau.

Ukuran Net Tenis Meja

ukuran lapangan tenis meja

Dalam lapangan tenis meja (meja) terdapat net atau jaring. Net dalam tenis meja digunakan sebagai pembatas antar pemain serta pembatas tinggi minimal bola.

Apabila anda memukul bola terlalu rendah, maka akan tertahan net. Selain net, anda membutuhkan penyangga net yang dipakai untuk memperkuat net saat terkena bola.

Salah satu peraturan tenis meja disebutkan bahwa saat pemain memukul bola serve/bola pertama serta mengenai net lalu memantul ke daerah lawan, maka serve diulang.

Net ini juga memiliki ukuran standar yang harus diperhatikan. Adapun ukuran net tenis meja ialah sebagai berikut.

  • Tinggi net tenis meja : 15,25 cm
  • Jarak tiang dari net meja : 15,25 cm

Pada permukaan meja ping pong, sisinya dibagi menjadi dua bagian. Dimana kedua bagian mempunyai ukuran yang sama. Kedua bagian tersebut dipisahkan oleh net dengan batas pada bagian akhir meja tersebut.

Net dibentangkan menggunakan tali yang kedua sisinya diikat pada tiang penyangga. Sedangkan sisi batas pada kedua tiang penyangga memiliki jarak 15,25 cm dari sisi batas permukaan meja.

Panjang net tenis meja dari sisi kiri ke kanan haruslah berukuran 1,83 meter. Sedangkan untuk seluruh panjang net, dari ujung atas ke permukaan meja ialah 15,22 cm.

Ukuran Bet Tenis Meja

Pada bagian raket yang bundar atau blade yang digunakan untuk mengenai bola saat bermain tenis meja, seluruhnya harus dibuat dari kayu, ketebalannya merata, kaku, serta datar.

Pada tiap sisi bagian permukaan, baik dipakai untuk memukul bola atau tidak, ditetapkan wajib berwarna gelap suram semua pinggiran atas yang menjadi hiasan blade bukan putih maupun berefleksi.

Bet tenis meja sebenarnya bebas, baik ukuran maupun beratnya tidak ditentukan. Hanya saja, pada umumnya ukuran bet tenis meja ialah sebagai berikut.

  • Berat bet tenis meja sekitar : 150 gram
  • Tebal bet busa karet biasa : 2 mm
  • Tebal bet karet bintik maksimal : 4 mm

Ukuran Bola Tenis Meja

Bola tenis meja memiliki ukuran standar sebagai berikut.

  • Berat bola tenis meja : 2,5 gram
  • Diameter bola tenis meja : 40 mm
  • Warna bola tenis meja : orange, putih, dan juga tak mengkilat

Bola tenis meja dibuat dari bahan selulosa ringan. Pantulan bola harus mencapai 23 sampai 26 cm pada pantulan pertama apabila dijatuhkan.

Bola bisanya mempunyai tanda bintang dari satu sampai tiga tanda bintang yang menunjukkan kualitas bola tersebut. Tiga bintang ialah tanda yang menunjukkan kualitas bola terbaik yang bisa dipakai pada turnamen yang resmi.

Ukuran Roda Meja dalam Lapangan Meja

Dalam mengulas ukuran lapangan tenis meja memang kurang lengkap rasanya jika tak membahas mengenai komponennya. Selain komponen-komponen di atas, tenis meja juga dilengkapi dengan roda meja.

Roda meja ini berperan sebagai komponen pendukung olahraga tenis meja. Roda meja ini memudahkan kita ketika ingin memainkan tenis meja di tempat lain.

Pasalnya, dengan adanya roda meja, kita bisa memindahtempatkan meja ping pong. Selain itu, roda meja ini juga memudahkan kita untuk menyesuaikan kontur tanah sehingga posisi meja bisa lurus dan seimbang.

Itulah penjelasan ukuran lapangan tenis meja yang bisa Anda pelajari. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *